-->

Intikel

Berita Aneh Dan Unik, Fakta Menarik Dan Berbagai Informasi Keren Lainnya!

Malam Langit Gelap dan Hari Keantariksaan 2018


Info Astronomy - Siapkan teleskop! 6 Agustus 2018 mendatang, kita akan kembali merayakan Malam Langit Gelap di Hari Keantariksaan. Apa saja yang bisa diamati pada Malam Langit Gelap tahun ini?

Malam Langit Gelap merupakan sebuah kampanye yang dicanangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 5 Agustus 2016 silam. Kampanye ini merupakan bagian dari perayaan Hari Keantariksaan yang ditetapkan setiap tanggal 6 Agustus.

Pada Malam Langit Gelap, LAPAN mengajak masyarakat Indonesia untuk mematikan lampu atau penerangan di luar ruangan atau luar rumah pada malam hari selama satu jam, yakni pada pukul 20:00 sampai 21:00 waktu setempat daerah masing-masing.

Apa tujuannya? Tentu saja untuk mengurangi polusi cahaya. LAPAN mengajak masyarakat, khususnya yang tinggal di area perkotaan, untuk mengamati keindahan langit malam tanpa polusi cahaya dari lampu-lampu di luar ruangan.

Polusi cahaya merupakan masalah penting untuk daerah perkotaan karena telah mengubah kondisi langit yang tadinya gelap menjadi terang dan tidak cocok untuk pengamatan langit. Dengan minim polusi cahaya, langit malam akan lebih bersih, lebih banyak benda-benda langit yang bisa diamati. Itulah mengapa nama kampanye ini adalah Malam Langit Gelap.

Mengapa 6 Agustus? Tanggal ini dipilih bukan tanpa alasan, melainkan untuk memperingati disahkannya UU Nomor 21 tahun 2013 mengenai Keantariksaan. UU tersebut yang kini menjadi payung hukum segala kegiatan keantariksaan di Indonesia.

Hari peringatan tersebut lah yang merupakan Hari Keantariksaan. Menurut Kepala LAPAN, Profesor Thomas Djamaluddin, "Hari Keantariksaan dimaksudkan untuk membangun kesadaran publik dan semua pihak terkait di Indonesia akan pentingnya pengembangan sains dan teknologi antariksa."

Sumber : http://www.infoastronomy.org/2018/07/malam-langit-gelap-2018.html#ixzz5N0AX6GK9